Contact us

8 Hari Mahir Menulis Inggris (Writing)
Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar penduduk bumi nomer satu. Banyak pekerjaan yang menuntut kita untuk menggunakan bahasa tim Manchester United (MU) ini. Tuntutan mencakup berbagai aspek keterampilan bahasa, seperti menulis (writing), berbicara (speaking), membaca (reading), dan mendengarkan (lintening).

Dari keempat keahlian tersebut. Keterampilan writing atau menulislah keahlian yang cukup sulit. Diawalai mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis. Hal tersebut merupakan urutan dari segi kesukaran menguasainya dan peringkat kualitas dari keterampilan bahasa.


Judul
Penulis
Tahun
Cet. 1, Mei 2010
Penerbit
Buku Biru - Jogjakarta
Harga
Rp 18.000
Tebal
116 hlm
ISBN
978-602-955-600-1

Anda jago speaking English namun lemah writing English, niscaya Anda akan mengalami kesulitan dalam tes TOEFL dan IELTS, misalnya. Maka belajar writing sama pentingnya dengan belajar speaking. Tulis Liswati, penulis buku 8 Hari Cespleng Mahir Writing, dengan sub judul segala apa yang harus Anda lakukan hari pertama hingga hari kedelapan : Bimbingan praktis step by step sampai ahli pada sinopsis buku ini.

Lanjut dalam sinopsisnya, Liswati menjanjikan dalam buku keterampilan writing English ini Anda akan segera menjelma menjadi ahli writing Inggris. Anda akan menguasai writing dengan baik dan cepat. Percayakah Anda? Cemmon lanjutin baca resensi buku 8 Hari Cespleng Mahir Writing ini.

Dalam buku ini pembahasan dibagai menjadi 8 bab. Setiap bab memuat pelajaran selama sehari. Diantaranya, pada bab pertama, alias hari pertama menjelaskan mengenal kata benda dengan tiga sub bab yaitu mengenal kata benda berdasarkan wujudnya, jenisnya, dan jumlah. Sedang pada bab kedua membahas mengenal verb, mencakup ordinary verb, auxiliary verb dan transitive dan intransitive verb.

Dalam bab kelima dan keenam, baru terlihatlah pembahasan writing. Yaitu menyusun kalimat (bab kelima) dan mengenal punctuation atau tanda baca (bab keenam). Dan ditutup bab delapan, hari kedelapan, dengan pembahasan mengenal kata sambung.

Lantas, dengan pembahasan seperti itu. Benarkah kita dapat mahir writing dalam 8 hari? Pertanyaan ini sebenernya sudah dapat dijawab “tidak”. Pertama, bila kita amati di pengantar penulis buku ini, penulis mengatakan ini merupakan buku yang sangat sederhana. Buku panduan dasar menulis bahasa Inggris dengan benar. Manamungkin kita dapat ahli, apalagi ahli menulis Inggris, namun buku yang menjanjikan tersebut adalah buku dasar, sangat sederhana. Biasanya dalam kata pengantar ini penulis berkata jujur atau apa adanya. Campur tangan penerbit dalam hal promsi buku tidak ada di sini biasanya.

Kedua, kata-kata obral bahwasannya kita akan mahir writing dalam 8 hari tidak lebih adalah kata-kata promosi, marketing, yang biasanya judul-judul seperti ini penerbit buku yang menentukan. Seringnya juga ada jurang yang cukup dalam antara judul buku yang bombastis tersebut dengan isinya. Hal ini semata-mata agar bukunya laku dan laris di pasaran.

So, buku ini memang menarik dilihat dari kaver, sinopsisnya, dan pastinya dari harganya yang murah (Rp 18.000). Praktis memang materinya, tapi tidak sepraktis untuk dipahami dan dikuasai dan ahli dalam 8 hari. Bila dibandingkan dengan buku-buku panduan writing Inggris yang benar-benar memandu pembacanya ahli dalam writing, yang tidak cukup waktu sesingkat 8 hari, buku ini selayaknya dikatakan buku pengantar, atau buku panduan dasar writing Inggris.

Resensi buku 8 Hari Cespleng Mahir Writing karya liswati.

0 Reviews:

Post a Comment