Contact us

Buku Panduan Bahasa Arab Bagi TKI
Judul
Penulis
Tahun
Cet.1, 2005
Penerbit
Puspa Swara - Jakarta
Harga
Rp 20.000
Tebal
85 h
ISBN
979-3833-97-1


Indonesia adalah salah satu negara terbesar yang menyebarkan tenaga kerjanya ke hampir seluruh pelosok dunia. Tantu Anda tidak asing lagi dengan istilah "TKI adalah pahlawan devisa negara". Memang kenyataannya begitulah adanya. Banyak data yang mendukung. Silahkan cari info lebih lengkapnya di internet, misalnya dengan bantuan Om google.

Negara Arab, seperti Arab Saudi, Yaman, Mesir, Libia, Qatar, Sudan dan lainnya adalah salah satu tujuan favorit TKI kita. Selain di negara Asia dan barat tentunya. TKI terbesar ada di negara Arab, kawasan Timur Tengah, yang menggunakan bahasa pengantarnya adalah bahasa Arab. Baik amiyah (bahasa sehari-hari) maupun fusha (bahasa formal).

Sedang dalam kenyataan TKI Indonesia. Banyak TKI yang bekerja di kawasan Arab namun belum bahkan tidak bisa bahasa Arab. Keterampilan bahasa sangat penting bagi TKI. Karena keterampilan bahasa yang pas-pasan itu pula yang turut menyumbang kegagalan TKI dalam meraih kesuksesan karir di negeri orang ini.

Thoifuri M. Ag., dalam bukunya Panduan Percakapan Untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) : Kunci sukses bekerja di negeri Arab ini setelah dibaca cukup membantu keterampilan bahasa Arab, khususnya TKI. Hal ini dapat kita lihat dari beberapa hal diantaranya :


Pertama, dalam pendahuluan buku ini dijelaskan cukup gamblang hal-hal yang terkait tenaga kerja Indonesia (TKI). Seperti langkah-langkah menjadi TKI dan persiapan keberangkatan.
Kedua, desain cover yang menggambarkan banget panduan TKI yang kerja di Arab
Ketiga, isi percakapan terkait kehidupan nyata TKI di Arab seperti yang tertera di BAB 2 mengulas percakapan di Bandara Saudi Arabia, di asrama penampungan, keluarga majikan, ke pasar, belanja buah dan bumbu masakan, dan lainnya.
Keempat, terdapat daftar kata-kata baru yang perlu calon TKI hafal tiap bahasan percakapannya.


Dari segi kekurangan buku Panduan Percakapan Untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) : Kunci sukses bekerja di negeri Arab ini diantaranya kurangnya bahasan percakapan yang meliputi hampir seluruh tuntunan TKI saat berada di Arab nantinya. Ini sangat penting.


Menurut kami, memang buku ini cukup bagus untuk sebuah panduan bahasa arab TKI. Sayangnya cukup jauh buku ini disebut sebagai buku pegangan bahasa Arab bagi TKI. Karena kurang lengkapnya bahasan. 


Resensi buku Panduan Percakapan Untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) karya Thoifuri M. Ag. 

4 Reviews:

  1. wah, kayaknya saya tertarik, kalau dikrim ke tempat saya di daerah wonosobo kira2 jadi berapa. info sms ke 081327327643, sukron katsir

    ReplyDelete
  2. Admin:
    Kebetulan kami saat ini belum menerima orderaan buku. semoga ke depan bisa. silahkan hub toko buku terdekat atau hub penerbitnya.. trimakasih

    ReplyDelete
  3. belajar bahasa arab jadi mudah di www.arabindo.co.nr

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum tadz, sy pesan buku ini jika masih ada.

    ReplyDelete